Marketplace online kini semakin bertumbuh di Indonesia seiring dengan
tren belanja online yang digemari masyarakat. Beberapa contoh
marketplace yang ada, misalnya Lazada, Tokopedia dan Rakuten.
Bagi pelaku usaha, adanya marketplace menjadi kesempatan besar untuk membidik pembeli yang lebih luas.
Agar bisa berhasil mengembangkan bisnis lewat marketplace, simak 9 tips berikut ini.
Perhatikan tampilan
Foto produk menjadi nyawa dari penjual online.
Lebih baik menggunakan hasil foto sendiri daripada foto dari google
karena akan lebih meyakinkan pembeli. Unggah foto-foto produk dengan
sudut pengambilan yang benar, pencahayaan yang baik. Satu produk bisa
sampai lima foto. Jika satu produk ada beberapa warna, masukkan foto
semua jenis warna karena pembeli butuh yang spesifik.
Nama produk harus tepat
Pembeli akan mencari produk di search engine,
maka buat penamaan produk sesuai mekanisme SEO. Usahakan agar nama
produk tidak terlalu general tetapi tidak terlalu spesifik. Misalnya
kemeja kota/tartan, katun merah. Jangan masukkan kode produk dengan
sistem angka seperti halnya di katalog.
Deskripsi jelas
Di marketplace,
ada banyak produk yang sama dengan harga yang bersaing. Deskripsi yang
baik akan menjadi pembeda yang efektif dan mencegah misskomunikasi
dengan pembeli. Deskripsikan minimal dua paragraf pendek, pertama memuat
pemakaian produk, kedua memuat spesifikasi produk.
Asuransi dan Retur
Fasilitas
ini opsional, tetapi jika produk yang dijual rentan, sebaiknya berikan
asuransi pengiriman dengan berkonsultasi kepada pihak ekspedisi.
Jelaskan juga kepada konsumen apakah toko Anda menyediakan fasilitas
retur / tidak, sehingga ketika ada kerusakan Anda tidak dikomplain.
Harga
Pembeli
biasanya mencari produk dengan list harga termahal atau termurah. Dalam
menentukan harga jual, Anda bisa mengikuti harga pasar atau pakai harga
sendiri untuk mendapatkan pelanggan.
Perbanyak produk yang djual
Jika
ada banyak produk, tampilan toko lebih menarik dan membuat pembeli
punya banyak pilihan. Misalnya jika Anda berjualan kaos, cari model yang
up to date dan perbanyak pilihan warnanya.
Manfaatkan brand dan musim
Sebagian marketplace
menyedian fasilitas berupa fitur tambahan yang bisa dimanfaatkan
penjual untuk promosi. Misalnya, pada fitur hotlist di tokopedia, ada
produk-produk unggulan yang sedang musim dan dicari orang yang berubah
setiap harinya. Sesuaikan produk dengan daftar hotlist sehingga toko
Anda lebih sering dilihat.
Komitmen
Ketika konsumen mau
mencoba membeli, berikan produk yang bagus, kemasan rapi, dan pelayanan
cepat sehingga dia mau balik lagi ke toko. Penjual harus berkomitmen dan
tidak asal-asalan, sebab rasa percaya sangat penting dalam bisnis
online.
Beri sentuhan personal
Kreatifitas penjual bisa
menambah kepercayaan konsumen untuk mau datang kembeli. Ada penjual yang
memberi kertas ucapan terimakasih di tiap produk yang dijualnya
sehingga konsumen bisa tersentuh. Ada juga penjual yang menambahkan
produk sale di tokonya.
Subscribe to:
Post Comments (Atom)
0 Response to "Tips Jualan di Market Place"
✓ Jangan Lupa anda tinggalkan comment,karena Comment kalian Berharga Bagi saya
✓ Jika Blog ini Bermanfaat maka tidak ada salahnya untuk anda Share
✓ Manusia Jaman Sekarang Lebih Suka Membaca Informasi di Internet
✓ Jangan Fokus untuk memiliki Blog yang bagus,Fokuslah dalam membuat / Memposting konten konten / artikel artikel yang Bermanfaat